WeLcoMe tO mY sPacE......

Kamis, 23 April 2009

10 Tempat menarik di Batam

Jika Anda mengunjungi Batam, jangan melewatkan kesempatan untuk mengunjungi berbagai tempat wisata budaya dan belanja yang ada di kota ini. Sebenarnya banyak sekali tempat yang bisa Anda kunjungi, tetapi berikut ini adalah 10 tempat wisata terbaik yang harus Anda kunjungi saat berada di Batam:
1. Jembatan Barelang
Apa yang istimewa dari Jembatan Barelang? Jembatan barelang merupakan simbol kota Batam. Anda tidak sah ke Batam tanpa mengunjungi tempat yang satu ini, sama halnya seperti pergi ke Bandung tanpa mengunjungi Dago. Jembatan Barelang menghubungkan tiga pulau, yaitu Batam, Rempang dan Galang. Pembangunan jembatan ini diprakarsai oleh BJ. Habibie dalam rangka mengembangkan industri di kepulauan Riau.
2. Kamp Pengungsi Vietnam (Pulau Galang)
Apa yang istimewa dari Pulau Galang? Di pulau ini terdapat kamp bekas pengungsi vietnam yang meninggalkan kampung halamannya pasca perang saudara di Vietnam pada tahun 1980-an. Dengan menggunakan perahu, para pengungsi tersebut meninggalkan Vietnam. Sebagian dari mereka ada yang meninggal dan ada juga yang terdampar di Pulau Galang. Di kawasan ini, Anda bisa melihat beberapa sisa peninggalan pengungsi seperti perahu, kamp pengungsian dan monumen yang telah dibangung sebagai simbol kemanusiaan.
3. Pantai Nongsa
Apa yang istimewa dari Pantai Nongsa? Pada saat senja menjelang malam, Anda akan disuguhi pemandangan gemerlap lampu-lampu gedung bertingkat di Singapura. Karena letak pantai yang menghadap barat laut dan langsung menghadap ke negeri Singa. Ya, Anda bisa melihat langsung Singapura dari sini! Selain itu, pantai Nongsa merupakan salah satu contoh perpaduan antara keindahan alami pantai dengan nuansa perkotaan modern. Eksotisme pantai Nongsa sangat terasa sekali, ditambah dengan keindahan panorama bawah laut serta bersihnya pantai akan menjadikan pengalaman tak terlupakan bagi Anda.
4. Nagoya
Apa yang istimewa dari Nagoya? Nagoya merupakan kawasan superblok yang menjadi pusat pertokoan, belanja, sekaligus kuliner di Batam. Sebagai central-nya berdiri dengan megah mall Nagoya Hill yang mengusung konsep arsitektur klasik bergaya Eropa. Tidak hanya tempat yang bergaya luar negeri, tetapi produk-produk yang dijual di sini memang kebanyakan berasal dari luar negeri. Mulai dari fashion, kosmetik, sampai barang elektronik dan komputer banyak Anda jumpai di sini. Di sekitar luar mall, Anda bisa berjalan-jalan mengelilingi kompleks pertokoan sambil menikmati berbagai hidangan kuliner dari berbagai daerah. Kawasan Nagoya memang dirancang sebagai shopping street dengan mengadopsi model citywalk dari Singapura. Dengan demikian Anda akan betah menghabiskan waktu berjam-jam sambil berjalan-jalan dengan keluarga Anda.
5. Mega Mall
Apa yang istimewa dari Mega Mall? Mega mall merupakan salah satu mall terbesar di kota Batam. Selain ukurannya yang besar, letak Mega Mall juga cukup strategis di tengah pusat pemerintahan Kota Batam dan berdekatan dengan pelabuahan Ferry Internasional Batam. Pada hari Sabtu-Minggu, Mega Mall ramai dikunjungi oleh wisatawan dari Singapura. Ini karena akses ke Mega Mall dari pelabuhan Ferry cukup mudah. Anda bisa menggunakan jembatan penghubung yang menghubungkan antara terminal ferry dengan Mega Mall. Beberapa tenant besar yang ada di Mega Mall adalah Hypermart, Matahari, Studio XXI, KFC, Excelso, Pizza Hut, Breadtalk, J.Co, A&W, dan serta koleksi makanan yang lengkap di Food Courd.
6. Ocarina
Apa yang istimewa dari Ocarina? Secara singkat bisa dikatakan bahwa Ocarina adalah Ancol-nya Batam. Kawasan wisata ini baru dibuka awal tahun 2009 dan memang masih banyak pembangunan yang belum rampung. Hiburan yang sudah ada saat ini adalah Water Boom dan beberapa permainan air lainnya, Giant Wheel, Sky runners, serta sebuah bola dunia raksasa. Uniknya bola dunia atau globe raksasa yang berdiameter 11 meter ini diyakini sebagai yang terbesar di dunia. Ini hanya sebagian dari 30 pusat hiburan yang direncakan bakal memenuhi tempat wisata ini. Selain bermain dengan berbagai hiburan tersebut, Anda juga bisa memanjakan lidah Anda karena di sini terdapat Kampong Indonesia. Kampong Indonesia merupakan area food court yang menyediakan aneka masakan dari seluruh daerah di Indonesia.
7. Hutan Wisata Mata Kucing
Apa yang istimewa dari Hutan Wisata Mata Kucing? Kawasan ini merupakan tempat wisata hutan alami dengan berbagai permainan dan koleksi satwa langka. Di sini Anda akan menjumpai kebun binatang mini dengan berbagai satwa seperti monyet, burung, ular, dan ikan. Sedangkah bentuk permaianan yang disajikan antara lain Birma Bridge, spidernet, posman, Tarzan swing, donnat balancing. Suasana hutan alaminya sangat cocok untuk tempat hiburan keluarga. Selain itu di hutan wisata Mata Kucing juga sering dijadikan sebagai tempat tracking/outbond.
8. Harbour Bay
Apa yang istimewa dari Harbour Bay? Tempat ini merupakan pusat Sea Food dengan keindahan panorama laut yang eksotis. Letak Harbour Bay sendiri cukup strategis, serta dilengkapi dengan fasilitas hiburan dan terminal ferry internasional ke Singapura dan Malaysia. Di sini Anda bisa menikmati berbagai makanan laut sambil duduk di tepi pantai sembari menikmati sunset. Letak tempat makan yang terbuka serta berada langsung di pinggir laut benar-benar memberikan pengalaman tersendiri bagi Anda. Di kawasan ini juga sedang dibangun kompleks ruko, hotel dan mall. Sehingga lengkap sudah Harbour Bay nantinya sebagai salah satu pusat hiburan di Batam.
9. Lucky Plaza
Apa yang istimewa dari Lucky Plaza? Lucky plaza adalah pusat penjualan handphone di kota Batam. Kebanyakan handphone yang dijual di sini berasal dari Singapura. Sebenarnya di Singapura sendiri nama Lucky Plaza memang terkenal sebagai pusat elektronik, komputer dan handphone yang berada di shopping paradise, Orchad Road. HP di Batam selain murah meriah juga jenisnya sangat banyak. Beberapa variasi terbaru yang belum dikeluarkan distributor bisa Anda dapatkan di sini. Akan tetapi hampir semua HP yang dijual di sini tidak dilengkapi garansi distributor Indonesia. Ini karena memang sumbernya langsung dari Singapura bukan dari Jakarta. Jika harus melalui distributor dulu yang ada di Jakarta tentu akan menambah biaya transportasi sehingga harga menjadi mahal. Namun toko di sini memberikan garansi masing-masing jika terjadi kerusakan.
10. Mymart
Apa yang istimewa dari Mymart? Jika sebelumnya Lucky Plaza adalah pusatnya handphone di kota Batam, maka Mymart adalah pusatnya komputer. Komputer dan aksesorisnya serta laptop yang dijual juga berasal dari Singapura. Memang saat ini Mymart sudah tidak seramai dulu. Tetapi tidak ada salahnya Anda mencari peralatan komputer di sana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar